Breaking News
Loading...
Rabu, 01 September 2010

Info Post
Dalam ujian-ujian yang sulit manusia menjadi bingung, tidak tahu apa yang mesti diperbuat dan kemana harus melangkah. Orang yang berdo'a, merendah, dan berusaha, sering kali tidak selalu mendapatkan hasil yang mereka inginkan dalam kenyataan. Tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah,SWT.
Setelah ujian, datanglah fitnah yang lebih besar jika seseorang tidak menyikapinya dengan baik dan tidak dapat memetik hikmahnya. Hati manusia menjadi gundah, orang yang tegar bisa menjadi goyah. Orang yang bangga akan agamanya mungkin akan menyerahkan kendali kepada orang lain yang dianggapnya mengetahui segala sesuatu dan sukses dalam segala hal, sementara kita selalu gagal dan kalah. Sungguh sangat berbahaya!
Orang yang mengharapkan kebaikan dan berpegang pada cahaya yang redup bisa jadi tidak lagi bisa melihat cahaya tersebut dari pegangannya, sehingga orang tersebut putus asa. Orang bijak yang cerdas ada kalanya mengalami goncangan hebat sehingga tidak lagi mengetahui bagaimana berpikir dan bertindak secara tepat.
Ketahuilah, semua itu akan terjadi. Mengapa?
Ujian adalah alat penyaring untuk memilih siapa yang jujur dan siapa yang dusta. ujian adalah saringan keyakinan dan kepercayaan manusia kepada Allah,SWT. Cobaan adalah ujian atas kepercayaan manusia terhadap agamanya. Cobaan adalah ujian bagi seorang muslim bahwa Allah,SWT. pasti akan menolong agama dan umat ini. Cobaan adalah ujian atas kepercayaan diri seseorang bahwa orang tersebut mampu untuk berkarya dan membangun. Semua itu adalah ujian, mengapa? Sebab, ujian memperlihatkan hasil dari ucapan dan perbuatan.

Alif lam mim. Apakah manusia mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman," sementara mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka. Allah benar-benar mengetahui orang-orang yang jujur dan benar-benar mengetahui orang-orang dusta. (Q.S. al-A'Ankabut: 1-3)

Al-Qur'an sungguh agung, selalu sesuai untuk setiap zaman dan tempat. Al-Qur'an berbicara kepadamu, wahai sahabat-sahabat muslim yang gelisah dalam menghadapi ujian. Al-Qur'an mengingatkan kitadan memberi kita petunjuk. Bacalah Al-Qur'an saat mendapat ujian, kita akan mengerti apa yang tidak kita pahami sebelumnya.

0 komentar: