Breaking News
Loading...
Senin, 06 September 2010

Info Post
Mudik merupakan suatu budaya yang sudah mendarah daging di Negara ini. Mudik merupakan suatu budaya dimana setiapa orang yang sedang menjalani perantauan disuatu tempat yang jauh melakukan perjalanan ke tempat asalnya, tradisi ini biasanya dan sudah menjadi suatu hal yang umum dilakukan menjelang hari raya Idhul Fitri, yaitu hari besar bagi Agama Islam dimana setiap penganutnya kembali ke fitrahnya sebagai manusia. Masyarakat di Negara ini berbondong-bondong melakukan hal tersebut baik menggunakan kendaran darat, laut , maupun udara, mereka seakan telah merindukan keluarga mereka dikampung halaman. Sehingga tak ayal seluruh terminal, stasiun kereta api, bandara udara, pelabuhan laut, maupun jalan raya dipenuhi pemudik baik itu menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umu.
Tapi seakan terdapat banyak masalah dan tidak banyak kenyamanan yang dinikmati oleh para pengguna jalan ataupun pengguna sarana dan prasarana transportasi pada saat melakuakan mudik. Misalnya, mengenai keadaan jalan yang sebenarnya tidak layak untuk dilewati (jalan berlobang, jalan sempit, tidak adanya penerangan atau rambu-lalu lintas); keadaan terminal, stasiun kerata api, pelabuhan kapal, bandara udara yang sebenarnya kurang layak untuk digunakan; masih banyak calo tiket yang beredar, terjadinya  kecelakaan transportasi, maraknya kejadiaan kriminal pada saat mudik. Sebenarnya sudah banyak usaha yang dilakuakan untuk menimalisir kejadian-kejadian tersebut, tapi tetap saja langkah yang dilakuakan kurang maksimal. Perhatian yang diberikan oleh lembaga-lembaga pemerintah yang terkait yang menagani hal-hal transportasi sudah berjalan akan tetapi para pengguna sarana dan prasarana juga kurang menjaga dan malah ikut melakukan hal-hal yang melanggar aturan karena tidak sabar. 
Apakah akan ada usul Mudik dilarang!!! Jika hal-hal tersebut masih saja terjadi tanpa adanya solusi konkrit untuk menanggulangi hal-hal tersebut, malah kejadian-kejadian yang sangat miris tersebut menjadi tontonan saja di seluruh TV nasional bahkan menjadi top news bagi TV tersebut. Kendala-kendala yang terjadi pada saat mudik ditanggulangi setelah kejadian tersebut terjadi, akankah Negara ini akan selalu mejadi Negara yang menyelamatkan Rakyatnya setelah Rakyatnya mengalami Bencana!!!

0 komentar: