Breaking News
Loading...
Rabu, 17 Februari 2010

Info Post
Fachrul Reza Adung




Ketua Umum HUMMAN UPN "VETERAN" YOGYAKARTA 2009-2010
(DISAMPAIKAN PADA MUSYAWARAH ANGGOTA HUMMAN KE-15, 
30 JANUARI 2010)

TETAPLAH PUAS MELAKUKAN PERBUATAN YANG BAIK, DAN BIARKAN ORANG LAIN MEMBICARAKAN DIRIMU SESUKA MEREKA (“PYTHAGORAS”).


A.    Pendahuluan
Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HUMMAN) UPN “VETERAN” YOGYAKARTA adalah adalah organisasi kemahasiswaan ditingkat Jurusan  Manajemen dan keberadaanya secara struktural dalam susunan organisasi kemahasiswaan ada di lingkungan FE UPN “VETERAN” YOGYAKARTA dan merupakan kelengkapan non struktural pada tingkat jurusan sebagai wahana pelaksana kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat penalaran dan keilmuaan sesuai dengan jurusan Manajemen dan mempunyai tugas menyelanggarakan kegiatan ektrakurikuler yang bersifat penalaran dan keilmuan sesuai dengan jurusan Manajemen. Tugas pokok dari organisasi kemahasiswaan UPN “VETERAN” YOGYAKARTA adalah memberiakan wadah aktivitas, dan kreatifitas mahasiswa UPN “VETERAN” YOGYAKARTA dalam rangka mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional dan juga mempunyai tugas dan kewajiban merencanakan dan melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan studi.
Berdasarkan visi dan misi HUMMAN, maka pada periode 2009-2010 ini HUMMAN mencoba mewujudkan organisasi yang memberi wadah aktifitas, dan kreatifitas dan meningkatkan mutu mahasiswa baik dalam keterampilan, intelektual, integritas, kepribadian maupun ketaqwaan kepada Tuhan YME, dengan cara mengubah cara pandangan Mahasiswa Manajemen terhadap HUMMAN itu sendiri. Berlandasakan hal tersebut HUMMAN berbenah diri dengan merangkul rekan-rekan Mahasiswa Manajemen dengan lebih mencoba “merakyat” agar komunikasi satu arah tidak terjadi antara Mahasiswa Manajemen dan HUMMAN. Salah satu bukti adalah pembuatan e-mail HUMMAN dengan alamat hummanupnyk@yahoo.com dan mendaftar pada situs jejaring sosial facebook dengan alamat hummanupnyk@yahoo.com.
Secara struktural visi dan misi HUMMAN tersebut dituangkan dalam 5 (lima) bidang: Kemahasiswaan, Advokasi, Dana Usaha (DANUS), Penelitian dan Pengembangan (LITBANG), dan Komunikasi dan Informasi (KOMINFO). Dengan adanya kelima bidang tersebut dapat membantu terwujudnya visi dan misi HUMMAN.
Bidang Kemahasiswaan yang bertanggung jawab terhadap pengembangan kegiatan mahasiswa dan menimbulkan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan sekitarnya atau di dalam Manajemen lebih dikenal dengan CSR. Pada periode ini bidang kemahasiswaan bekerjasama dengan bidang advokasi yang mana kemahasiswaan dan advokasi berada dalam garis organisasi  tangung jawab oleh Wakil Ketua Umum I. Program kerja dari kewahasiswaan yang terlaksana adalah Futsal KAJUR Cup III, Bakti Sosial, dan Buka Puasa. Program Buka Puasa disinkronkan dengan bidang advokasi dikarenakan waktunya kegitan bersamaan dengan Open House yang dilakukan oleh Advokasi. Bidang Kemahasiswaan pun mengaktifkan kembali HUMMAN kedalam HMMI (Himpunan Mahasiswa Manajemen Indonesia) wilayah JOGLOSEMAR (Jogjakarta, Solo dan Semarang). Untuk kedepannya masih banyak yang harus diperbaiki dan ditingkatkan untuk kedepannya.
Bidang Advokasi bertangung jawab terhadap permasalahan dan pembelaan  mahasiswa didalam kampus. Kontribusi yang diberikan bidang advokasi pada periode ini sangat baik, diantaranya melakukan penuntutan bersama rekan-rekan HMJ dan BEM se-Universitas dalam hal kenaikan SPP variabel yang kenaikannya tidak relevan dengan pelayanan yang diberikan, dan melakukan polling mengenai KKN di semester pendek. Hal tersebut dilakukan sebagai betuk kepedulian HUMMAN terhadap permasalahan Mahasiswa Manajemen dan sebagai respon HUMMAN terhadap aspirasi yang disampaikan ke-HUMMAN. Untuk program kerja Advokasi yang terlaksana adalah Wisuda Mahasiswa khusunya Manajemen, Open House, dan Outbound Manajemen 2009. Kedepanya perlu lebih ditingkatkan dan dikembangkan, agar aspirasi dan permasalahan mahasiswa dapat segera di atasi.
Bidang Dana Usaha (DANUS) bertangung jawab terhadap upaya untuk pencarian dana dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh HUMMAN dan membantu kondisi keuangan dalam hal pendanaan HUMMAN guna oprasional HUMMAN itu sendiri. DANUS sendiri merupakan bidang baru pada periode 2009-2010 dalam pembentukannya sendiri terjadi perdebatan yang alot antara Badan Pengurus Harian (BPH). DANUS merupakan bidang yang INDEPENDENT dalam HUMMAN itu sendiri karena kegiataannya sendiri tidak terikat oleh pogram kerja sendiri. DANUS sendiri berperan aktif dalam membantu HUMMAN seperti pencarian dana untuk gempa di Jawa Barat, Sumatra Barat, dan Baksos. Keadaan keanggotaan DANUS sebelumnya terdiri dari 5 anggota, akan tetapi terjadi pengunduran diri oleh saudara Rio Yunarwanto. Hal tersebut terjadi karena Rio Yunarwanto di minta bantuan oleh saudarai Intan Margaretha Nugroho untuk membantu di BEM FE.
Bidang Penelitian dan Pengembangan (LITBANG) bertangung jawab terhadap meningkatkan mutu mahasiswa dalam hal akademik. Pada periode 2009-2010 capaian prestasi yang telah dilakukan LITBANG dapat dilihat suksesnya 4 program kerja dari 6 program kerja yang telah direncanakan yaitu, LDK HUMMAN, Workshop Investasi, Bank SOAL Manajemen, dan Diskusi Mahasiswa. Pada bidang LITBANG terjadi reshuffle anggota dikarenakan agar tidak terjadi kekosongan staf yang ditinggalkan oleh Intan Margaretha Nugroho. Hal ini dilakukan karena Intan mengajukan diri sebagai Gubernur BEM FE. Sehingga kekosongan keanggotan tersebut di isi oleh saudari Yunita Kurnia Sari karena dinilai kelayakan saudari tersebut sabagai staff LITBANG.
Bidang Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) bertangung jawab terhadap membuat isue-isue yang terkait dengan permasalahan di Manajemen, memberikan informasi-informasi akademik yang berkaitan dengan study mahasiswa manajemen, dan membuat komunikasi-komunikasi dengan Mahasiswa Manajemen agar tidak terjadi miss comunication antara HUMMAN dan Mahasiswa Manajemen. KOMIFO juga menjadi sarana angkatan 2007 dalam keinginan Kuliah Lapangan yang ingin diadakan Surabaya-Bali dengan cara melakukan polling. Capaian kerja yang telah dilakukan oleh KOMINFO adalah Mading Manajemen, Struktur Organisai HUMMAN, dan Angkrinagn Party Manajemen. Keanggotan KOMINFO terjadi pemecatan terhadap saudara Risang S Putranto dikarenakan berdasarkan laporan oleh Ketua KOMINFO saudara Risang S Putranto tidak memberikan kontribusi terhadap bidang KOMINFO dan HUMMAN sendiri maka dalam hal ini BPH mengambil tindakan tegas terhadap saudara Risang S Putranto dengan melakukan pemecatan dari keanggotaan HUMMAN setelah dilakukannya prosedur-prosedur yang berlaku untuk melakukan pemecatan anggota HUMMAN.
Pada Periode 2009-2010 HUMMAN melakukan suatu keputusan atau sikap terhadap KM UPN “VETERAN” YOGYAKARTA dengan menyatakan VAKUM pada KONGRES KM UPN “VETERAN” YOGYAKARTA X dengan alasan:
1.      Tidak adanya kejelasan strukturisasi antara Organisasi Kemahasiswaan dan Badan Otonomi.
2.      Tidak dicantumkannya Badan Otonomi tingkat Fakultas dan Jurusan dalam AD/ART Keluarga Mahasiswa UPN “VETERAN” YOGYAKARTA.
3.      Lemahnya penyelenggaraan pemilu oleh KPUM yang tidak mengatur dalam tata tertib calon tunggal di berbagai Fakultas di UPN “VETERAN” YOGYAKARTA.
4.      Ketidakmampuan Keluarga Mahasiswa merangkul semua Organisasi Kemahasiswaan di UPN “VETERAN” YOGYAKARTA.
5.      Buruknya penyelenggaraan Kongres X.
6.      Kurangnya kontribusi Keluarga Mahasiswa terhadap Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen.
Berdasarkan hal-hal tersebut diatas maka HUMMAN mengambil sikap pada KONGRES KM UPN “VETERAN” YOGYAKARTA X dengan menyatakan VAKUM didalam KM UPN “VETERAN” YOGYAKARTA.



B.     Laporan Kinerja Badan Pengurus Harian
Nama
Jabatan
Aktivasi Kegiatan HUMMAN
Kinerja & Progresivitas
Rissan Rezadian Purba
Wakil Ketua Umum I
Aktif
Baik
Novealdi
Wakil Ketua Umum II
Cukup Aktif
Cukup
Fridyhastono Aji H
Sekertaris Umum
Aktif
Baik
Dian Silvia
Bendahara Umum
Kurang Aktif
Kurang


C.    Visi dan Misi Ketua Umum HUMMAN Periode 2009-2010
  1. Visi
Menjadikan HMJ Manajemen yang memiliki citra baik, unggul dalam pandangan berorganisasi dan dalam berkehidupan kemahasiswaan, yang berlandaskan etika dan moral sebagai mahasiswa yang berpendidikan.
  1. Misi    
a.       Membentuk organisasi kemahasiswaan yang mampu menjadi tempat identitas bagi seluruh mahasiswa Manajemen.
b.      Memberikan kontribusi baik berupa pemikiran dan/atau tindakan sebagai wujud kepedulian terhadap masalah mahasiswa Manajemen.
c.       Memberikan tempat untuk berkreatifitas dan/atau aktualisasi bagi seluruh mahasiswa Manajemen.

D.    Penutup
Capaian-capaian kerja yang telah terlaksana pada periode 2009-2010 tidak lah mungkin terlaksana tanpa dukungan dari segala pihak, terutama seluruh pengurus HUMMAN itu sendiri tanpa terkecuali. Keberhasilan dan kegagalan yang diperoleh hanyalah sebagai hasil dari apa yang telah kita semua perjuangankan dari awal kepengurusan sampai akhir kepengurusan.
Sebagai insan biasa tentu kekhilafan merupakan hal yang tidak terelakkan. Sebagi organisasi kemahasiswaan, HUMMAN yang diisi dengan insan biasa menyadari sepenuhnya bahwa keluhuran niat dan menggeloranya semangat, terkadang harus ternodai oleh nafsu fitrah sebagai manusia. Tiada kata yang paling tepat selain ucapan maaf dan meminta ampunan atas dosa kepada ALLAH SWT dan semoga apa yang kami lakukan bernilai ibadah disisinya.
Seandainya waktu ini berulang  akan banyak pelajaran yang akan kita petik untuk berbuat, tapi waktu terus berjalan tak kenal henti tanpa terasa peride 2009-2010 telah melakukan periode kepengurusan. Tentu banyak komponen dan person yang telah berusaha dalam memajukan HUMMAN di jurusan Manajemen, semoga pada periode kepengurusan Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HUMMAN) selanjutnya akan mengalami perkembangan yang jauh lebih baik dari periode ini. Semoga laporan pertangungjawaban periode 2009-2010 dapat menjadi acuan untuk menilai kinerja periode 2009-2010, dengan tidak menghilangkan nilai objektivitas yang ada.

0 komentar: