Breaking News
Loading...
Senin, 21 April 2014

Info Post


FACHRUL REZA ADUNG
PASCA SARJANA MAGISTER MANAJEMEN
UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG


sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar :
MAGISTER MANAJEMEN
Bandar Lampung, 20 November 2012



RINGKASAN TESIS


Kata Kunci     : Efektivitas Kepemimpinan, Pengembangan Pegawai dan Prestasi Kerja Pegawai

Fachrul Reza Adung. Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan dan Pengembangan Pegawai Terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tulang Bawang. Di bawah bimbingan Bapak  Prof. Dr. H. Marzuki Noor, MS. Sebagai Pembimbing I dan Bapak Drs. Yadi Lustiadi, M.Si. sebagai Pembimbing II.
Pada BPKAD Kab. Tulang Bawang para pegawai belum sepenuhnya menyadari arti pentingnya efektivitas kepemimpinan dan peranan pengembangan pegawai. Hal ini dapat dilihat dengan menurunnya jumlah pegawai yang menerima penghargaan atas prestasi kerjannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas kepemimpinan dan pengembangan pegawai terhadap prestasi kerja pegawai pada BPKAD Kab. Tulang Bawang. Penelitian ini menggunakan Metode sensus dimana melibatkan secara keseluruhan data yang dijadikan objek penelitian, dimana populasinya sebanyak 87 orang. Data yang diperoleh melalui kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan cronbach’s alpha. Analisis data menggunakan analisi regresi ganda, uji koefisien determinasi ganda (R²).
Berdasarkan  hasil  dari  peneltian,  maka : (1) Hasil Descriptive Variabel Y, X1 dan X2 memliki rata-rata 3,783 ; 3,947 dan 3,447; kategori nilai rata-rata ketiga variabel tersebut pada kategori baik; (2) Hasil dari penelitian ini  menunjukkan bahwa sekitar 44% variasi variabel penelitian, Sedangkan sekitar 56% lainnya dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model; (3) Efektivitas Kepemimpinan berpengaruh positif terhadap prestasi kerja pegawai pada BPKAD Kab. Tulang Bawan; (4) Pengembangan Pegawai berpengaruh positif terhadap prestasi kerja pegawai pada BPKAD Kab. Tulang Bawan dan (5) Efektivitas Kepemimpinan dan pengembangan pegawai secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi kerja karyawan pada BPKAD Kab. Tulang Bawang.



DAFTAR PUSTAKA
  Danim, Sudarman. 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Cetakan Pertama, PT Rineka Cipta, Jakarta
 Dina Marlia Sari., 2010. Pengaruh Motivasi, Penempatan Pegawai dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Dinas Pendapatan Provinsi Lampung. Tesis Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Bandar Lampung (Tidak dipublikasikan).
 Gudjarati,  Damodar., 1999. Ekonometrika Dasar, Erlangga, Jakarta.
 Handoko, T.Hani., 2011. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Cetakan Kedelapanbelas, BPFE, Yogyakarta.
 Hasibuan Malayu S.P., 2002. Manajemen Sumberdaya Manusia, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta.
 Heidjrahman. R. dan S. Husnan., 1991. Manajemen Personalia, BPFE, Yogyakarta.
 Luthans, Fred., 2006, Perilaku Organisasi, Edisi Sepuluh, ANDI OFFSET, Yogyakarta
 Nawawi, Hadari., 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ketiga, Erlangga, Jakarta.
 R. Soffi Handayani., 2008. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Oragnisasi Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Kecamatan Tanjung Karang Barat Kota Bandar Lampung. Tesis Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Bandar Lampung (Tidak dipublikasikan).
 Rivai, Veithzal., 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Cetakan Pertama, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
 Robbins, Stephen.P. dan T.A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi. Edisi keduabelas. Salemba Empat, Jakarta.
 Sigit Sardjono., 2009. Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tanjung Karang Lampung. Tesis Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Bandar Lampung (Tidak dipublikasikan).
 Sugiyono., 2000. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kedua, Alfabeta, Bandung.
 Sukanto, R dan T.H. Handoko., 1997. Organisasi Perusahaan, Edisi Kedua, BPFE,  Yogyakarta.
 Sunyoto, Danang., 2011. Metodologi Penelitian untuk Ekonomi, Cetakan Pertama, CAPS, Yogyakarta.
 Sutrisno, Edy., 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Cetakan Ketiga,  Prenada Media Group, Jakarta.
 Trihendradi, C., 2012. Step by Step SPSS 20 Analisis Data Statistik, Edisi Pertama, ANDI OFFSET, Yogyakarta.
 Tulus, M.Agus., 1994, Manajemen Sumber daya Manusia, Cetakan Kedua, Gramedia Pustaka Utama dan Aptik, Jakarta.

 


 

0 komentar: