Breaking News
Loading...
Minggu, 12 Juni 2011

Info Post
Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sansekerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.
Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945.
  1. KETUHANAN YANG MAHA ESA
  2. KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
  3. PERSATUAN INDONESIA
  4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKAH KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN / PERWAKILAN
  5. KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA
Pancasila sebenarnya sumber manual pedoman bagi NKRI, sungguh indahnya negara ini memiliki landasan negara yang begitu sanggat mengerti akan keberagaman suatu bangsa, keadilan bagi rakyatnya untuk kesejahteraan, sehingga menimbulkan persatuan setiap warga negaranya, sehingga menimbulkan kebijaksanaan dalam bermusyawarah sehingga tercipta keadilan bagi seluruh rakyatnya. Pendiri negara ini sungguh sangat memikirkan keberlangsungan negara sehingga mereka membuat ideologi negara ini yang sangat luas.
Akan tetapi saat ini berbeda keadaannya keberagaman yang sudah diciptkan Tuhan seakan menjadi landasan bagi sekelompok bagi kelompok untuk menjadi alasan melegalkan keributan, sehingga keadilan yang seharusnya ditegakan tidak mampu tegak karena dipandang sebelah mata oleh kelompok yang memiliki segala, karena bagi mereka keadilan dapat dibeli sehingga keadilan dan hukum tidak merata bagi siapapun, akibatnya persatuan sulit terwujud, bermusyawarah tidak dikedepankan untuk mencari solusi dalam mencari permasalahan sehingga tidak adanya keadilan bagi masyarakat.
Saya seakan bertanya kemana kah Pancasila saat ini, apakah sudah hilang atau hanya menjadi penghias dekorasi jargon pemimpin. saat ini Pancasila sangat dibutuhkan agar terciptanya suasana yang benar-benar aman, damai, dan sejahtera sehingga NKRI akan terus berada sampai generasi selanjutnya bila kita benar-benar menjadikan Pancasila sebagai Ideologi Negara dan menjadi tugas kita untuk memberikan pemahaman kepada setiap Warga NKRI tentang pentingnya PANCASILA bagi kita.

0 komentar: